Kamis, 26 Januari 2012

Caulerpa

Pada kesempatan ini akan diceritakan beberapa pengalaman saya dalam memelihara akuarium laut setelah cukup lama mempraktekkan teori yang diperoleh melalui internet dan teman-teman lainnya. Akuarium saya sekarang telah memasuki usia dua tahun dengan tingkat keberhasilan 80% untuk jenis-2 tertentu dan 100% untuk jenis2 tertentu lainnya

Berikut adalah pengalaman saya mengenai pasca pembuangan Caulerpa dan pasca over dosis zat kimia. Pada waktu itu, saya berhasil menumbuhsuburkan caulerpa secara luar biasa. Hampir seluruh akuarium penuh dengan caulerpa.

Bagi rekan hobiis yang menginginkan Caulerpa-nya tumbuh subur, hal yang perlu mendapat perhatian adalah cahaya dan zat additive. Cahaya yang diperlukan untuk pertumbuhan Caulerpa sangat sederhana dan tidak membutuhkan lampu metal halide, dalam hal ini cukup menggunakan lampu Fluorencent dengan temperatur cahaya cukup 6500°K sedangkan zat additive yang diperlukan adalah iodine atau besi. Pertumbuhan Caulerpa sangat cepat, dalam waktu beberapa bulan akuarium bisa penuh dengan Caulerpa asalkan tidak dimasukkan ikan pemakan tumbuhan seperti jenis tang dan bulu babi.

Apabila telah berhasil menumbuhkan Caulerpa secara luar biasa, maka Caulerpa tersebut harus disiangi secara rutin. Biasanya dilakukan sebulan sekali dengan dibuang sebanyak 10-20%. Pembuangan Caulerpa dalam jumlah banyak akan mempunyai dampak negatif bagi akuarium yang semula penuh dengan Caulerpa. Pembuangan Caulerpa bertujuan untuk membuang fosfat dan bebarapa unsur lainnya. Oleh karena itu pemeliharaan Caulerpa sebaiknya dilakukan di akuarium khusus jangan di akuarium display karena dapat merusak pemandangan seperti menutupi invertebrata kesayangan anda nantinya.

Sumber: http://o-fish.com/AkuariumLaut/caulerpa_1.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar